Freeextremepassport – KBRI LGO4D Beijing tegaskan WNI jangan serahkan paspor ke pihak lain

Freeextremepassport – Kedutaan Besar Republik Indonesia  LGO4D ALTERNATIF (KBRI) Beijing menegaskan agar warga negara Indonesia (WNI) tidak menyerahkan paspor ke pihak lain, termasuk kepada pasangan warga negara asing.

“Kami selalu mengingatkan agar paspor jangan sampai dipegang oleh suami atau keluarga suami. Sebelumnya pria warga negara China yang menikahi perempuan WNI menahan paspor istri agar istrinya tidak kabur,” kata Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler KBRI Beijing Widya Airlangga di Beijing dalam wawancara dengan ANTARA pada Senin (29/4).

Hal tersebut disampaikan Airlangga terkait dengan sejumlah kasus penipuan dengan modus pengantin pesanan (mail order bride) yang ditemukan di China.

Para pelaku menjanjikan perempuan WNI untuk menikah dengan warga China dengan sejumlah uang mas kawin berkisar Rp20 juta. Perempuan WNI juga dijanjikan calon suaminya berstatus ekonomi dan sosial yang bagus dan tinggal di rumah besar namun faktanya secara umum pria warga China yang menikah dengan perempuan WNI bekerja sebagai petani, buruh kasar bahkan tidak bekerja sama sekali dan tinggal di daerah perkebunan atau pegunungan yang jauh dari kota besar.

Proses pengantin pesanan itu dibantu oleh sindikat biro jodoh baik yang berada di China maupun Indonesia mencari calon korban di sejumlah kota di Indonesia. Korban sebagian besar berasal dari provinsi Kalimantan Barat (Singkawang, Mempawah, Sambas dan kota-kota lain di Kalbar) hingga Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

“Atas permasalahan itu, KBRI Beijing berulangkali memprotes penahanan paspor tersebut ke instansi berwenang China dan meminta agar paspor WNI dikembalikan kepada WNI. Namun, mereka menyatakan tidak dapat memaksa para suami untuk mengembalikan paspor WNI tersebut dan bahkan menyampaikan kekhawatiran yang sama, yaitu WNI akan melarikan diri bila paspor dipegang WNI yang malah akan menyebabkan masalah status perkawinan bagi WN  LGO4D SLOT LOGIN China yang ditinggal isterinya yang berkewarganegaraan Indonesia tersebut,” jelas Airlangga.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *