Freeextremepassport – 42 ribu pemudik keluar Bali melalui RGO303 Pelabuhan Padangbai

Freeextremepassport РHingga satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah atau Lebaran 2024 sebanyak 42.040 orang telah meninggalkan RGO303 . Bali melalui Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali.

Berdasarkan data rekapitulasi harian posko pengendalian transportasi, selama periode angkutan Lebaran 2024 dari 31 Maret hingga 9 April 2024 pukul 08.00 Wita tercatat pemudik yang keluar melalui Pelabuhan Padangbai sebanyak 42.040 orang serta kendaraan roda dua sebanyak 12.957 unit, kendaraan roda empat 1.666 unit, dan kendaraan bus dan truk 2.667 unit.

Manajer ASDP Padangbai Agusman di Padangbai, Selasa, mengatakan puncak arus mudik di Pelabuhan Padangbai tercatat pada Minggu, 7 April 2023 atau H-3 Lebaran, di mana terdapat 8.536 orang, 2.757 kendaraan roda dua, 254 unit kendaraan roda empat dan 464 truk/bus yang keluar menuju Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan pada H-2 Lebaran tercatat 6.895 orang keluar melalui Pelabuhan Padangbai.

“Untuk hari ini kemungkinan sudah melandai, artinya tidak ada lagi peningkatan yang ekstrem seperti sebelumnya,” kata dia.

Pada puncak Lebaran tahun ini, ASDP Padangbai menambah jumlah trip kapal dari yang sebelumnya hanya 13 menjadi 16 trip untuk melayani penumpang yang berjubel. Bahkan, dua kapal sengaja diberangkatkan lebih awal dari Pelabuhan Lembar, NTB dalam kondisi kosong untuk mengangkut penumpang mudik dari Pelabuhan Padangbai.

Selain menambah jumlah trip, ASDP Padangbai juga mempercepat proses bongkar muat dari yang biasanya 1,5 jam menjadi 1 jam.

Kantong parkir di Pelabuhan Padangbai pun dimaksimalkan untuk menampung kendaraan yang akan keluar dari Bali menuju Pelabuhan Lembar dan proses keluar masuk pun dalam kondisi lancar.

Kapasitas kantong parkir di Pelabuhan Padangbai bisa menampung 522 kendaraan roda empat dan 300 unit kendaraan roda dua.

Agusman berharap para penumpang yang RGO 303, melakukan perjalanan mudik melalui Pelabuhan Padangbai untuk menyiapkan dokumen perjalanan seperti identitas diri dan tiket agar tidak tertahan di pelabuhan.

Sementara itu, menurut keterangan Kapolres Karangasem AKBP I Nengah Sadiarta, kondisi jalur Denpasar menuju Pelabuhan Padangbai terpantau lancar dan aman. Ia pun meminta masyarakat untuk hati-hati selama dalam perjalanan, mengutamakan keselamatan agar tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *